Proud of

Proud of

Rabu, 26 November 2014

Konsultasi Gizi: Apa Kelebihan Rice Bran Oil?

Akhir-akhir ini memang mulai banyak kita menjumpai rice bran oil atau bahasa kitanya minyak bekatul ataupun minyak dedak padi. Bahan baku dari minyak tersebut adalah lembaga dan kulit ari yang terdapat pada beras. Pada mulanya sudah lazim dijumpai minyak sejenis, seperti minyak gandum ataupun serelia lainnya seperti oat oil, wheat bran oil, wheat germ oil, dan cereal germ oil. Sedangkan untuk kasus di Indonesia, maka minyak bekatul lebih mudah diproduksi karena beras menjadi bahan pokok masyarakat Indonesia.

Minyak bekatul tergolong kepada minyak tipe MUFA, meskipun kadar MUFA yang dikandungnya relatif sedikit dibandingkan dengan minyak zaitun dan minyak canola. Kandungan MUFA minyak dedak padi ini sebanyak 45% sedangkan PUFA sebesar 33% dan SFA hanya 20%. Dengan komposisi seperti itu dapatlah minyak dedak padi ini dikategorikan sebagai minyak berlemak sehat, meskipun kalah unggul dibandingkan minyak zaitun. Asam lemak yang ada pada rice bran oil terdiri atas linolenat, stearat, oleat, lenoleat, arakidonat, palmitat, dan behenat. Selain asam lemak, minyak ini kaya vitamin E dan mengandung zat nirgizi gamma-oryzanol dan fitosterol dalam kadar yang cukup tinggi.

Selain karena rendahnya omega-6 yang mudah teroksidasi, rice bran oil termasuk minyak yang tahan dipanaskan. Memiliki titik asap yang cukup tinggi, yakni sebesar 254 derajat celsius. Dengan sifat fisika inilah maka kita dapat menggunakannya untuk menggoreng, menumis, ataupun sebagai campuran kue yang dipanggang. Rasanya yang datar menarik juga digunakan untuk salad jika stok minyak zaitun sedang habis.

Dengan adanya tokoferol dan gamma-oryzanol pada minyak tersebut, membuatnya berkhasiat sebagai antioksidan yang handal. Kedua antioksidan itu efektif mereduksi peroksida lemak yang membahayakan kesehatan kita. Selain itu, fitosterol yang dikandungnya bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Dengan semua keunggulan itu, kita yang memiliki persoalan dengan penyakit kardiovaskuler dan jantung sangat baik untuk menjadikan minyak ini sebagai solusi pengganti minyak pada umumnya untuk menggoreng masakan yang akan kita konsumsi sehari-harinya.

Jadi, rice bran oil memang salah satu jenis minyak yang menyehatkan, itu pun jika tidak berlebihan dan dalam jumlah yang wajar. Dan semakin lama digunakan minyak kualitasnya akan menurun, untuk itu maskimal 3 kali penggorengan gantilah minyak Anda. Demikian dan terima kasih.

Jika ada pertanyaan bisa dilayangkan ke email taufiqfirdausalghifariatmadja@gmail.com dengan subjek #konsultasigizi

2 komentar:

  1. sekarang serba kebaikan itu adanya yang dari masa lalu ya

    BalasHapus