Proud of

Proud of

Kamis, 20 November 2014

Konsultasi Gizi: Adakah Kiat Memilih Lemak yang Sehat?

Lemak adalah nutrisi makro yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, jangan sampai kita fobia terhadap lemak atau lipid. Adanya istilah lemak sehat dan tidak sehat jelas mengindikasikan bahwa pada dasarnya kita perlu mengonsumsi lemak. Baik itu lemak hewani maupun lemak nabati. Kehidupan kita sama halnya dengan air, tergantung juga dengan lemak. Dalam artian banyak fungsi tubuh memerlukan lemak. So lemak tidak selamanya buruk bagi kesehatan kita! Karena pada dasarnya kita pun membutuhkannya! Tentu dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan!

Nah, perhatian kita dalam memilih sumber lemak bukan sekadar melihat penampilan luar dari lemak yang akan kita konsumsi. Namun kita juga harus tahu senyawa yang menyusun lemak tersebut. Berikut ini ada beberapa hal yang menjadi panduan bagi kita saat mencari lemak yang sehat:


  1. Perhatikan sifat fisik dan kimia dari lemak tersebut. Lemak yang baik tetap stabil dari pengaruh fisik dan kimiawi.
  2. Berusaha mendapatkan lemak yang mengandung senyawa berkhasiat yang bermanfaat bagi kesehatan.
  3. Menjauhi lemak yang tercemar oleh senyawa yang ditengarai bersifat toksin.
  4. Jika memungkinkan memilih minyak yang difortifikasi atau ditambahkan dengan zat-zat berguna tertentu yang lebih bermanfaat bagi kita. Contohnya, kita pilih telur yang mengandung omega-3, minyak goreng yang difortifikasikan dengan omega-3 dan betakaroten. Atau sebagai langkah yang baik, mulailah mengganti margarin dengan yang lebih sehat, yakni mentega atau butter.
  5. Tidak menggunakan minyak yang berulang-ulang kali digunakan, karena sudah banyak mengandung lemak trans yang berbahaya
  6. Jangan mencampur lemak satu dengan lemak lainnya, minyak goreng jenis satu dengan minyak goreng jenis lainnya.
  7. Jika Anda membeli minyak goreng kemasan, periksa juga tanggal kadaluarsanya.
Itulah kurang lebih tip memilih lemak yang sehat. Semoga dapat membantu. Jika Anda memilih pertanyaan terkait kegizian, bisa dilayangkan melalui surel ke taufiqfirdausalghifariatmadja@gmail.com dengan subjek #KonsultasiGizi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar