Proud of

Proud of

Senin, 07 April 2014

Meningkatkan Nafsu Makan

pic koleksi pribadi
Kadang kala, walaupun menuju yang tersaji di meja makan tampak seperti foto di samping, kita merasa nggak nafsu untuk memakannya. Padahal, makan itu penting, apalagi jika bahan pangan yang digunakan memang memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada beberapa orang, khususnya anak-anak, nafsu makan mereka di bawah rata-rata, itu jelas lebih berbahaya karena masa mereka adalah masa pertumbuhkembangan, jadi harus didukung oleh asupan makanan yang bergizi.

Tapi nggak usah khawatir, yang namanya nafsu makan itu bisa dijenggot biar meningkat, setidaknya pada kondisi wajar, karena nafsu makan yang berlebihan pun nggak baik. Setidaknya, kita harus mempunyai nafsu makan agar waktu makan yang seharusnya terpenuhi.

Nafsun makan memang nggak bisa lepaskan dengan yang namanya rasa lapar yang dikontrol oleh hormon bernama leptin. Umumnya, semakin lapar maka nafsu makannya semakin tinggi pula. Beberapa hal yang menurunkan nafsu makan umumnya karena kondisi kesehatan sedang turun, seperti saat demam, atau ada masalah pada saluran pencernaan. Pada beberapa kasus, nafsu makan terkait dengan pembiasaan pola waktu makan. Atau karena alasan diet tertentu, lama kelamaan jadi malas makan. Hal itu jelas nggak bagus!

Nafsu makan juga memang dipengarungi faktor usia, semakin lanjut maka nafsu makan umumnya memang cenderung terus menurun. Tetapi pada anak-anak sering kali karena kurangnya dukungan, jadi nafsu makannya terabaikan. Tidak jarang karena asyikan main, anak-anak lupa untuk makan. Nah, untuk meminimalisir turunnya nafsu makan yang berdampak pada kurangnya asupan gizi bagi tubuh, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar nafsu makan kita kembali meningkat, contohnya dengan asupan Zn (seng) dari daging atau telur, dan kacang-kacangan serta ikan, minyak ikan laut, menambahkan MSG secukupnya, pilih makanan yang tidak mengharuskan selalu minum berkali-kali, karena makan sambil minum itu bikin kenyang padahal makanan belum habis, terasi, kurkuma dari temulawak, serta daun pepaya dapat meningkatkan nafsu makan!

Kalau misalnya susah makan sayur, padahal hal itu penting. Dapat ditingkatkan nafsu makan sayurnya dengan mengolahnya dengan konsep kombinasi, misalnya dendeng jamur, nuget wortel, dan lainnya. Dan olahraga yang cukup akan memastikan bahwa nafsu makan kita juga selalu cukup, sehingga nggak ada istilahnya waktu makan tanpa makan. So, jangan lupa makan, ya!


1 komentar:

  1. I've read some good stuff here. Definitely value bookmarking for revisiting.
    I surprise how a lot attempt you place to create any such fantastic informative web
    site.

    Look at my blog post Time Warner Cable discount

    BalasHapus